Saat lagi seneng baca komik lokal

Ini dimulai ketika kerjaan lagi dikit, malem-malem buka situs http://ngomik.com  ini kalau ada juga yg jadi kimong/pembaca setia ngomik.com nih userku di ngomik.com follow ya . Karena pada dasarnya gak seberapa ngikuti manga seperti teman-teman yang pada demen dengan komik One Piece, Naruto, dll. Beberapa manga yang sempet saya ikuti sih seperti Crows, Worst, dan Death Note itupun gak sampe tamat, ya karena memang saya lebih suka cerpen alias cerita pendek yang biasa baca di koran hari minggu atau istilah kerennya sastra koran.

Pengen bikin komik -part 1-

Mengikuti perkembangan komik yang diupload di ngomik.com rasanya jadi gatel pengen ikutan bikin komik :D. Namun menyadari diri ini yang tidak jago bikin komik akhirnya sampe dibelain nyari buku karya herrad dan thomacool yaitu Jago Bikin Komik. Isinya lumayan mudah dicerna mulai dari dasar menggambar wajah, ekspresi, proporsi badan,prespektif. Memang target pembacanya buat yang beginner seperti saya ini.

Ini dia hasil belajarku dari bukunya thomacool, ya masih jauh dari kata bagus.Tanganku udah lama gak nggambar, apalagi nggambar karakter.

belajar bikin ekspresi (bukune - jago bikin komik)

Pengen bikin komik -part 2-

Selain buku Jago Bikin Komik, saya juga membeli komik Usagi Yojimbo, itupun karena komik itu ada di jajaran buku diskon di Gramedia seharga 10rb-25rb 😀 . Memang bukan komik lokal Indonesia sih, tapi komik lokal Jepang, ya sukanya karena gambarnya gak terlalu seperti manga pada umumnya, dll. Ini hasil nyoba niru bikin karakter Usagi Yojimbo sang Samurai

Usagi Yojimbo

memang tujuan saya bikin komik tidak tercapai, ya karena gambar aja masih kaku apalagi mikirin ceritanya, mungkin lain waktu baru bisa diwujudkan :).

Bongkar-bongkar komik lama

Ini hal yang alamiah saat lagi seneng akan sesuatu kemudian teringat dengan sesuatu yang sama di masa lalu. Berhubung kali ini tentang komik lokal ya teringatnya dengan buku komik lokal yang dulu pernah kubeli. Diantaranya adalah Abu Nawas dan Ginong Tersayang dan Kecoa!.

Abu Nawas dan Giong Tersayang adalah komik terbitan Mizan, komik komedi gitu lah lucu namanya juga Abu Nawas. Nah klo yg Kecoa ini bagus ceritanya tentang pemuda lemah dengan setting jaman penjajahan Jepang. Kedua komik ini saya beli pas jaman SD lho, tapi cerita komik Kecoa masih keinget sampe sekarang dan ternyata saya baru tau kalo Kecoa menang penghargaan di jamannya.

Sayangnya komik Kecoa ini gak kutemukan, entah keselip atau dipinjem temen gak dikembalikan. Pada akhirnya hanya komik Abu Nawas dan Ginong Tersayang yang bisa kubuka-buka dan timbul ide untuk nyoba latian gambar lagi, berikut ini hasilnya

demikian post ini saya akhiri, dengan segala khidmat akhirnya saya bisa menyelesaikannya walau sudah masuk sebagai draft selama kurang lebih sebulan.. alhamdulillah akhirnya selesai juga dalam satu malam.

Advertisements

2 comments

  1. tiba-tiba aja saya terdampar di blog ini 😀

    sering mampir ke ngomik.com yaa. asyik 😀

    Like

  2. trims mong sudah mendamparkan diri 😀
    tahukah km mong bahwa komik pertama yg kubaca di ngomik.com adalah komik PUAS bikinanmu 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: