Kajian Rutin Ba’da Maghrib Masjid Al Falah Surabaya

بسم الله الرحمن الرحيم

Sore hari selepas kerja, tubuh dan fikiran telah lelah, namun anda masih harus menempuh jalanan yang macet menuju rumah. Alangkah baiknya jika kebetulan melewati jl. Darmo mampirlah ke Masjid Al Falah, melaksanakan sholat Maghrib, menenangkan fikiran dan hati, juga mengistirahatkan sejenak fisik yang lelah.

suasana masjid Al Falah

suasana masjid Al Falah

Ba’da sholat maghrib anda dapat pula mengikuti kajian dari penceramah yang Insha Allah mampu membawakan materi dengan sangat baik. Kajian beragam tema mulai dari kajian Tafsir, hadits, Fiqih, Aqidah, Siroh, Akhlak, Ghazwul Fikri, dan tema umum yang setiap harinya ba’da maghrib dan ba’da subuh. Materi disesuaikan dengan materi yang paling dikuasai penceramah. Kajian ini diadakan di ruangan sebelah selatan masjid tepat di sebelah kiri bila anda sedang menghadap kiblat.

Memang sebagian besar yang mengikuti kajian ini para pekerja berumur > 30 tahun. Namun bagi anda yang masih merasa muda jangan khawatir, toh tidak ada salahnya bergabung dengan majelis ilmu ini. Siapa tahu anda dapat kenalan baru yang pada suatu saat dapat melakukan kerjasama dalam hal kebaikan (perniagaan, bisnis, silaturrahim, pendidikan, dll).

Beginilah suasana saat ceramah berlangsung. Ini foto lama, saya ambil sebelum Ramadhan 1434 H.

foto atas Drs. H. nadjih Ihsan, foto bawah H. Agung Cahyadi, Lc, M.Ag

foto atas Drs. H. Nadjih Ihsan, foto bawah H. Agung Cahyadi, Lc, M.Ag

Setiap kali kajian diadakan sebenarnya direkam audionya, namun saat saya tanyakan pada Mas Wardi (pegawai bagian Humas merangkap sebagai operator rekam-merekam kajian) hanya dijadikan arsip masjid saja, tidak disebar luaskan. Mungkin suatu saat nanti bisa disebarluaskan hingga memiliki banyak kemanfaatan bagi masyarakat luas.

Selain ba’da maghrib, ceramah rutin ini diadakan ba’da subuh. Untuk jadwal bulan September 2013 dapat dilihat pada halaman ini

Semoga bermanfaat.

Surabaya, 18 September 2013

Advertisements

4 comments

  1. Halina Said · · Reply

    sip mas boz (y) lanjutkan, saya juga suka ngadem disitu 😀

    Like

    1. Tempatnya emang adem, karpetnya empuk, dan sesekali juga ada mbak-mbak muslimah cantik 😀

      Btw, ada beberapa orang yang ngaji di situ yang istiqamah bertahun-tahun menuntut ilmu hingga rambutnya sekarang memutih.

      Like

      1. Halina Said · ·

        kalau tidak salah, bapakku juga pernah ngaji di sana sewaktu muda, karena satu dua alasan, itu tidak berlanjut, tapi bapakku masih mencari pengajian lain yang lebih sesuai waktunya 😀

        Like

  2. fachrul nidhom · · Reply

    Pingin blajar qori,. Di Masjid. Al-falah,. Soalnya pas sholat jum’at IMAM bacaan Al-Qur’an nya… Enak sekali d dengar… Bikin hai Adee, tentrem,.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: