Resmi Tertarik Membaca Karya Pram

“Kita sudah pernah berpuisi bersama setiap bulan purnama. Kita juga sudah pernah berdiskusi soal sastra, politik dan lain-lain. Nah, beberapa waktu terakhir ini kita kan kita kekurangan stok bahan diskusi. Bagaimana kalau kita mulai membaca dan mendiskusikan Tetralogi Buru Pram?”

Tak menunggu lama setelah pertanyaan itu aku ucapkan, kamu yang berada di ujung telepon menjawab singkat: “Boleh, boleh!”
Seingatku, pada diskusi pertama kita, kamu lah yang paling banyak menjelaskan dibanding aku. Entahlah, mungkin kamu merasa sebaliknya. Atau mungkin juga karena aku yang banyak bertanya bagian-bagian yang sudah aku lupa, lalu kamu pun bercerita panjang lebar menerangkannya. Dan tentu saja aku mendengarkannya dengan seksama.

Lalu kamu mulai berkisah tentang sejarah hidup Nyai Ontosoroh. Kamu menjelaskan, kisah tentang Nyai Ontosoroh sebagian besar dikisahkan oleh Annelies,

*sumber : Mengaji Tetralogi

Berawal dari membaca blogpost Klaim Andrea, Klaim Pramoedya akhirnya saya nyasar di blogpost yang mengkaji karya Pram “Mengaji Tetralogi”, tersebutlah nama Minke, Nyai Ontosoroh, Annelies, dll memberi sepercik pemahaman sebagian isi karyanya.

Sebelum-sebelumnya saya lebih tertarik membaca sastra dalam bentuk cerita pendek dalam surat kabar edisi minggu karya Agus Noor, Benny Arnas, Beni Setia.

Kemudian berlanjut membaca karya sastra lama dimulai dari karya Buya Hamka “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck” dan “Di Bawah Lindungan Ka’bah”. berlanjut lagi pada “Kooong” karya Iwan Simatupang. Namun dalam kurun waktu tersebut masih belum tertarik membaca karya Pramoedya Ananta Toer.

Dengan ini secara resmi saya nyatakan ketertarikan saya membaca karya-karya Pramoedya. Mungkin bisa dimulai dengan membaca karyanya yang berjudul “Bumi Manusia” 🙂

BumiManusia

2 comments

  1. Aku sering sebel baca bukunya Pram…
    Endingnya sering nggantung. heuheuheu

    Like

    1. aku baru baca beberapa halaman “Bumi Manusia” pas di rumah temen. haha

      Like

Leave a Reply

