Warung Gool – Jagir Wonokromo

Apabila anda kebetulan sedang melewati jl. Jagir Wonokromo Surabaya menuju arah DTC, di sebelah kiri jalan anda akan menjumpai bangunan berwarna mencolok. Bangunan ini berada di pertigaan jalan gang (saya lupa nama gangnya), sebagian besar temboknya berupa kaca hingga dengan mudah orang melongok ke dalamnya dikarenakan tanpa gorden. Bagunan ini merupakan sebuah depot bernama Warung Gool.

2013-09-13 12.27.19

Warung Gool tak seperti warung lainnya, istilah “warung” biasanya identik dengan hal-hal yang tradisional, meja dan kursi kayu. Warung Gool ber-interior modern, bercatkan warna terang, jendela yang lebar, berjajar meja dan kursi plastik berwarna ngejreng layaknya tempat makan fast food yang banyak bertebaran di kota Surabaya.

Suasana di dalam Warung Gool

Suasana di dalam Warung Gool

Meskipun ber-interior modern, namun tetap tidak meninggalkan kesan “warung” nya. Konsep yang ditawarkan yaitu makan prasmanan, dimana anda bebas mengambil sendiri nasi dan lauk. Sedangkan untuk minumannya anda diharuskan untuk tetap memesan pada pelayan. Prosedurnya ialah, setelah anda mengambil piring dan nasi, mengambil lauk dan memesan minum pada pelayan. Selanjutnya pelayan/pemilik depot akan menghitung total biaya yang harus anda bayar. Setelah membayar, anda dapat segera menuju meja dan menikmati makanan sembari menunggu minuman diantar ke meja anda.

Namun jangan khawatir, mungkin anda menyangka dengan tampilan luar yang modern, bersih, anda akan menyangka kalau makan di Warung Gool harganya mahal. Kenyataannya adalah kita dapat menikmati masakan yang enak dan higienis, di tempat yang bersih dan nyaman pula. Harga untuk seporsi makanan tidak jauh beda dengan depot pada umumnya berkisar antara 7.000-15.000 rupiah (tentunya ini tergantung dengan banyak dan jenis lauk yang anda makan), sedangkan untuk minuman berkisar antara 2.000-7.000 rupiah.

Bu Fatimah lagi ngitung duit

Bu Fatimah lagi ngitung duit

Menurut penjelasan bu Fatimah (42), pemilik Warung Gool, warung ini dikelola bersama para ponakannya. Ia juga menjelaskan kalau menu makanan yang disediakan berganti-ganti tiap harinya agar pengunjung tidak bosan. Untuk sayuran ada sayur asem, lodeh, sop, sayur bening (bayam). Untuk lauk ada tempe dan tahu bacem, telor dadar, telor ceplok, telor asin, ayam kecap, ayam bakar, ayam kare, tahu goreng, dan masih banyak lainnya. Ada juga bakwan dengan pentolnya yang empuk. Tak lupa pula beraneka macam kerupuk, juga anda dapat meminta sambal jika anda suka pedas. Apabila anda ingin fried chicken anda juga dapat memesannya karena di depan warung terdapat pula “Fried Chicken Exprezz”.

2013-09-13 12.41.09 2013-09-13 12.40.58

Ini nih penampakan bakwannya 🙂 mantap toh?

Bakwan enak

Bakwan enak

Untuk minumannya anda dapat memesan minuman yang standard seperti air mineral, es teh, dan es jeruk. Atau dapat juga memesan jus melon, sirsat, tomat, apel, dll. Menurut bu Fatimah minuman favorit di tempat ini ialah es tebu hijau, dihidangkan di gelas yang cantik sehingga lebih memuaskan dahaga. Bagi anda yang suka es krim, jangan khawatir disini juga tersedia es krim cap Njonja Besar (Home Made Ice Cream). Ini nih penampakan es tebu nya :9

Es Tebu Hijau

Es Tebu Hijau

Demikian postingan blog saya kali ini. Bagi anda yang kebetulan lewat jl. Jagir tidak ada salahnya untuk mencoba warung yang satu ini 🙂

Surabaya, September 2013 – Februari 2014
*lama banget ya merampungkan tulisan ini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: