MacBook Pro 2016 dan Era Kebangkitan Microsoft (?)

Bulan Oktober 2016 lalu menjadi salah satu bulan bersejarah dalam dunia teknologi. Dua raksasa teknologi dunia yaitu Apple dan Microsoft meluncurkan produk terbarunya dalam waktu yang hampir bersamaan.

Apple terkenal dengan produk-produknya yang eksklusif, harga yang mahal, namun menjamin pengguna mendapatkan pengalaman (user experience) yang memuaskan. Produk-produk Apple tersebar mulai dari perangkat keras seperti MacBook, iPad, iMac, iPhone, Applce Watch sampai perangkat lunak seperti iTunes dan iCloud.

Sedangkan Microsoft terkenal dengan produk-produknya yang tersebar di seluruh dunia dan menjadi standard internasional. Produk-produk Microsoft sebagian besar berupa perangkat lunak yang dikenal masyarakat luas, seperti sistem operasi Microsoft Windows dan Microsoft Office.

Menurut laporan dari laman revenuandprovits.com dari tahun 1995-2015, menunjukkan keuntungan Microsoft yang cenderung linear, sedangkan keuntungan Apple yang cenderung eksponensial. Dilihat dari sisi kuantitas, sejak tahun 1995-2009 Microsoft lebih unggul dari Apple, sedangkan tahun 2010-2015 menunjukkan sebaliknya.

Namun peluncuran produk dari dua perusahaan tersebut pada bulan Oktober lalu seakan menjadi pertanda hadirnya babak baru.

Peluncuran Produk Baru Apple

Dalam acara “Hello Again”, Apple resmi merilis MacBook Pro generasi terbaru (Macbook Pro 2016) di Cupertiono, AS (27/10/2016).

Rilisan ini telah ditunggu-tunggu oleh konsumen sebab banyak pengamat yang memprediksi akan ada banyak peningkatan, mulai dari keyboard tanpa tombol fisik (keyboard layar sentuh), dipakainya processor Intel generasi 6/7. dan desain ulang bentuk fisik MacBook Pro.

Rupanya beberapa prediksi tersebut meleset. Untuk rilisan MacBook Pro kali ini, Apple membuat kejutan kepada para konsumennya. Mulai dari hadirnya touchbar yaitu layar sentuh kecil pengganti tombol fungsional pada keyboard, dihilangkannya port USB, HDMI, thunderbolt 2, SD Card, juga magsafe yaitu port untuk charger yang selama ini menjadi ciri khas MacBook. Kesemuanya digantikan dengan port USB-C.

20161111-apple-vs-microsoft-mbp2016

MacBook Pro 2016 13″ disertai touchbar. sumber gambar http://www.theverge.com/2016/10/27/13430698/macbook-pro-2016-hands-on-photos#7

Peningkatan pada tampilan fisik juga menjadi perhatian khusus bagi Apple. Tampilan MacBook Pro 2016 lebih ramping dan lebih ringan daripada pendahulunya, bahkan lebih ramping dari MacBook Air yang selama ini memegang rekor sebagai notebook paling ramping di dunia. Perubahan ini harus mengorbankan hilangnya beberapa port seperti yang telah dijelaskan sebelumnya..

MacBook Pro 2016 hadir dengan tiga varian, MacBook Pro 13”, MacBook Pro 13” disertai touchbar, dan MacBook Pro 15” disertai touchbar.

Untuk lebih jelasnya, The Verge telah merangkum seluruh produk baru yang diluncurkan oleh Apple dalam acara tersebut :

 

Harga yang harus ditebus konsumen untuk mendapatkan MacBook Pro versi terbaru ini lebih mahal daripada MacBook Pro generasi sebelumnya. MacBook Pro 13” dijual di pasaran dengan harga mulai dari $1499, MacBook Pro 13” disertai touchbar dengan harga mulai $1799, sedangkan MacBook Pro 15” disertai touchbar dijual di pasaran dengan harga mulai $2399.

Spesifikasi lengkap MacBook Pro 13” sebagai berikut

MacBook Pro 13” MacBook Pro 13” disertai touchbar
$1499 $1799 $1999
Touch Bar danTouch ID Touch Bar and Touch ID
Processor 2.0GHz dual-core Intel Core i5

Turbo Boost up to 3.1GHz

8GB 1866MHz memory

256GB PCIe-based SSD1

Intel Iris Graphics 540

Dua port Thunderbolt 3

Processor 2.9GHz dual-core Intel Core i5

Turbo Boost up to 3.3GHz

8GB 2133MHz memory

256GB PCIe-based SSD1

Intel Iris Graphics 550

Empat port Thunderbolt 3

Processor 2.9GHz dual-core Intel Core i5

Turbo Boost up to 3.3GHz

8GB 2133MHz memory

512GB PCIe-based SSD1

Intel Iris Graphics 550

Empat port Thunderbolt

 

Spesifikasi lengkap MacBook Pro 15” sebagai berikut

MacBook Pro 13” disertai touchbar
$1799 $1999
Touch Bar danTouch ID Touch Bar and Touch ID
Processor 2.6GHz quad-core Intel Core i7 

Turbo Boost up to 3.5GHz

16GB 2133MHz memory

256GB PCIe-based SSD1

Radeon Pro 450 with 2GB memory

Empat Thunderbolt 3 ports

Processor 2.7GHz quad-core Intel Core i7 

Turbo Boost up to 3.6GHz

16GB 2133MHz memory

512GB PCIe-based SSD1

Radeon Pro 455 with 2GB memory

Empat Thunderbolt 3 ports

 

Peluncuran Produk Baru Microsoft

Peluncuran produk baru Microsoft dilakukan tepat satu hari sebelum Apple. Beberapa produk inovatif dirilis pada acara yang diadakan di New York Ciry pada tanggal 26 Oktober 2016 ini.

Pertama, Microsoft 10 Creators Update dengan tagline “3D untuk semua orang” yang memudahkan pengguna awam untuk memindai objek dunia nyata ke dalam bentuk 3D untuk selanjutnya dapat diubah sesuai kreasi pengguna.

Kedua, Virtual Reality (VR) headset yaitu gawai serupa layar yang dipasang pada mata untuk merasakan sensasi Virtual Reality / dunia virtual.

Ketiga, Surface Book i7 yaitu generasi terbaru Surface Book yang menggunakan Intel i7 sebagai processornya dan memiliki daya tahan baterai sampai dengan 16 jam pemakaian. Perlu diketahui bahwa Surface Book ini merupakan notebook dengan spesifikasi di atas rata-rata serta memiliki layar sentuh dan dapat dilepas-pasang sehingga pengguna dapat menggunakannya sebagai notebook ataupun tablet. Surface Book i7 dibanderol dengan harga mulai dari $2399.

 

Keempat, Surface Studio dan Surface Dial. Kedua produk ini merupakan produk baru yang belum pernah diproduksi sebelumnya oleh Microsoft. Surface Studio, sebuah layar sentuh all-in-one komputer desktop yang memiliki lebar layar 28”. Surface Studio juga memiliki mekanisme engsel untuk mengubah posisi layar hingga memiliki kemiringan 20 derajat dari posisi meja. Menurut orang Microsoft, hal ini dimaksudkan untuk memberi kenyamanan pada penggunanya, para desainer dalam menuangkan kreatifitasnya di atas layar.

Sedangkan Surface Dial merupakan perangkat serupa tuas volume radio analog. Untuk menggunakannya pengguna dapat menempelkannya pada layar Surface Studio maupun Surface Book kemudian memutarnya ke kiri dan ke kanan untuk mengaktifkan fitur-fitur tertentu.

Untuk lebih jelasnya, The Verge telah merangkum seluruh produk baru yang diluncurkan oleh Microsoft dalam acara tersebut :

 

Siapakah penguasa pasar beberapa tahun ke depan?

Rivalitas Apple dan Microsoft seakan memasuki babak baru. Microsoft yang dipecundangi Apple dalam beberapa tahun terakhir seakan mendapat angin segar setelah peluncuran produk baru mereka pada bulan lalu. Para netizen berpendapat tahun 2016 ini Microsoft lebih inovatif dari Apple, ada beberapa poin yang menjadi sorotan:

  1. Apple hanya mau memproduksi notebook dengan layar sentuh kecil pada keyboard, Microsoft telah mampu menghadirkan notebook dan komputer desktop dengan kemampuan layar sentuh.
  2. Apple tidak konsisten dalam mengembangkan produknya. Seperti dihilangkannya port untuk headphone pada iPhone 7 dengan alasan headphone yang wireless akan lebih sesuai dengan zaman sekarang dibandingkan headphone tradisional yang menggunakan kabl. Sedangkan port headphone masih tetap dipertahankan pada MacBook Pro 2016. Padahal MacBook Pro 2016 dirilis beberapa bulan setelah iPhone 7 dirilis.
  3. Dihilangkannya banyak port pada MacBook Pro 2016 dan menggantinya dengan port tipe baru yang tidak kompatibel dengan kebanyakan perangkat elektronik yang ada saat ini. Membuat pengguna harus menggunakan perangkat tambahan / dongle untuk mengatasi masalah tersebut. Itu berarti ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh pengguna. Dan itu bukan merupakan pertanda yang baik.
  4. Harga MacBook Pro 2016 yang terlampau mahal dibanding pendahulunya membuat konsumen baru (yang belum pernah membeli MacBook Pro sebelumnya) berpikir ulang untuk membeli.
  5. Kombinasi Surface Studio dan Surface Dial milik Microsoft yang menghadirkan pengalaman baru dalam menggunakan komputer desktop mampu menyihir pengguna karena kapabilatasnya yang dianggap melampau zamannya.

Yang menarik adalah, meskipun banyak sentimen negatif terhadap Apple, khususnya pada produk MacBook Pro 2016. Namun data dari intelligence,slice.com menunjukkan bahwa pendapatan dari lima hari penjualan MacBook Pro 2016 sejumlah tujuh kali lipat pendapatan MacBook Air 12”. Sebagai informasi tambahan, bahwa MacBook Air 12” merupakan notebook paling laris besutan Apple.

 

Sampai artikel ini ditulis, MacBook Pro 2016 disertai touchbar belum diterima oleh konsumen karena masih dalam status pengiriman ke seluruh belahan dunia. Sehingga pengguna belum bisa mereview, dimana seringkali reviw-review tersebut turut mempengaruhi keputusan calon pembeli MacBook Pro 2016 apakah akan membeli atau beralih ke merek lain.

Jadi, dengan segala inovasi Microsoft dan blunder yang dilakukan Apple pada kuartal terakhir tahun 2016 ini, akankah Microsoft mampu mengungguli Apple dalam beberapa tahun ke depan?

 

Busan, 11 November 2016.
Di tengah suhu udara yang menurun mendekati musim dingin.

Referensi :

  1. Apple’s new MacBook Pro kills off most of the ports you probably need
    http://revenuesandprofits.com/apple-vs-microsoft-revenues-and-profits-1995-to-2015/
  2. 13-inch MacBook Pro
    http://www.apple.com/shop/buy-mac/macbook-pro/13-inch
  3. 15-inch MacBook Pro
    http://www.apple.com/shop/buy-mac/macbook-pro/15-inch
  4. New MacBook Pro 2016 release date, UK price and tech specs
    http://www.macworld.co.uk/news/mac/new-macbook-pro-release-date-price-specs-macbook-pro-2016-uk-guide-3593988/
  5. Apple’s new MacBook Pro kills off most of the ports you probably need
    https://techcrunch.com/2016/10/27/apples-new-macbook-pro-just-killed-off-most-of-the-ports-you-probably-need/
  6. Apple’s newest MacBook Pro generated 7x more online revenue than MacBook at launch
    https://intelligence.slice.com/apples-macbook-pro-launch/
  7. New MacBook Pro Has Already Outsold All Competing Laptops This Year
    http://www.macrumors.com/2016/11/09/new-macbook-pro-has-outsold-all-competitors/
  8. MacBook Pro 2016 hands-on photos
    http://www.theverge.com/2016/10/27/13430698/macbook-pro-2016-hands-on-photos#7
  9. The Microsoft Studio is powerful, but the Surface Dial is the real star
    http://mashable.com/2016/10/26/microsoft-surface-studio-dial-hands-on/#3QWOfqf6Nqqm
Advertisements

2 comments

  1. wes ndang dituku.. ahaha

    Like

    1. Yoo enteni rejeki berlebih mas. Wkwk

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: